Air Terjun Singsing, Wisata Alam dan Sejarah di Buleleng Bali

Posted by Info Wisata Bali

wisata bali air terjun singsing
Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji, yang termasuk di dalam wilayah Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Daerah Tingkat II Buleleng. Lokasi air terjun ini sangat dekat dengan kawasan wisata pantai Lovina yang berjarak hanya 3 km dan dari ibukota kabupaten Singaraja berjarak lebih kurang 13 km. Dari ibukota Denpasar menuju Air Terjun Singsing ini menempuh jarak sekitar 93 km dengan mengikuti jalan jurusan Denpasar, Bedugul, Singaraja, dan Lovina. Untuk menuju obyek wisata Bali ini sangat mudah dicapai dengan kendaraan bermotor hingga sampai di jalan jurusan ke desa Tigawarsa. Dari sini akan menemukan penunjuk arah yang menunjukkan arah jalan yang harus diikuti dengan berjalan kaki sepanjang lebih kurang 600 meter untuk sampai pada air terjun yang pertama. Untuk mencapai air terjun kedua yang letaknya lebih tinggi, setiap pengunjung harus berjalan kaki lagi melalui jalan setapak yang menanjak dan terjal.

wisata bali air terjun singsing

wisata bali air terjun singsing
Air Terjun Singsing Bali merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi karena lokasinya yang berada di daerah perbukitan yang memberikan pemandangan di arah utara yaitu hamparan pantai Lovina sehingga menjadi daya tarik yang cukup memikat. Obyek wisata Air Terjun Singsing ini sering dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara karena suasananya yang tenang, alami, dan juga untuk kesehatan serta kesegaran jasmani. Sebagai obyek wisata, sebelum memasuki jalan setapak sudah dibangun fasilitas untuk tempat parkir yang dikelola oleh Banjar setempat. Selain itu, terdapat juga beberapa warung kecil di sekitar area parkir yang menjual minuman dan makanan ringan.

wisata bali air terjun singsing

wisata bali air terjun singsing
Meskipun jalan setapak untuk menuju lokasi Air Terjun Singsing tidak dikeraskan atau dipadatkan namun jalannya cukup baik sehingga menambah suasana yang terlihat lebih alami dengan pemandangan pantai Lovina yang tampak di sebelah utaranya. Bilamana sedang musim kemarau atau musim panas, volume Air Terjun Singsing relatif menurun. Jalan setapak menuju lokasi air terjun yang sedikit mendaki merupakan kegiatan yang cukup menarik bagi setiap wisatawan yang menyenangi "trekking". Selain lokasi air terjun yang tidak jauh dari kawasan wisata pantai Lovina, bahkan dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki saja. Sehingga menjadikan obyek wisata Air Terjun Singsing ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan terutama mancanegara yang umumnya mereka menginap di kawasan wisata pantai Lovina.

Tidak jauh dari Air Terjun Singsing ini, terdapat sebuah monumen yang dikenal dengan nama Monumen Belanda. Monumen tersebut dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang perwira tentara Belanda dalam perang Banjar yang terjadi pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 monumen Belanda ini dihancurkan oleh penduduk setempat karena dianggap menghormati penjajahan Belanda. Akan tetapi, pada tahun 1992 monumen Belanda ini akhirnya dibangun kembali oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Buleleng dengan maksud bahwa catatan sejarah tidak dapat dihapus atau dihilangkan begitu saja. Di samping itu, monumen Belanda ini juga merupakan lambang rasa patriotisme dan kepahlawanan rakyat Banjar yang mampu menewaskan perwira tinggi Belanda pada saat perang Banjar tersebut. Dengan dibangunnya kembali monumen Belanda tersebut, diharapkan dapat menambah daya tarik wisata di Air Terjun Singsing, di mana selain wisata alam juga ditunjang dengan wisata sejarah.

Nama "singsing" bukan berasal dari bahasa inggris, yang artinya nyanyi-nyanyi. Keberadaan nama Air Terjun Singsing hingga sekarang ini belum dapat ditemukan adanya petunjuk secara tertulis yang dapat digunakan sebagaimana nama Singsing ini diperoleh atau berasal. Akan tetapi, dari masyarakat desa Temukus hingga masyarakat kecamatan Banjar dan daerah sekitarnya, demikian juga para pengunjung dan wisatawan yang hanya menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Singsing. Baca juga: tempat-tempat wisata di Bali.

Related Post



KSM TOUR mengatakan...

artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya, terima kasih

Poskan Komentar