Pantai Pandawa yang Istimewa

Posted by Info Wisata Bali

Pulau Bali menawarkan aneka gateaway yang makin lama makin banyak dan indah. Ragam gateaway ini semakin unik dan eksotis. Setelah Pantai Kuta makin terkenal karena lokasinya sangat dekat dengan bandara, yang menjadikan pantai ini tidak lagi ramah dan homy bagi wisatawan yang hendak berlibur, eksplorasi obyek wisata mulai digencarkan. Hingga muncul pantai dan desa terpencil yang menjadi tujuan baru wisata yang memberikan rasa damai dengan suasana yang lebih tenang. Salah satunya adalah pantai Pandawa yang berada di desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan kabupaten Badung. Pantai yang masih tergolong sepi ini merupakan sebuah desa kecil penghasil rumput laut dengan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelaya.


Pantai ini dikenal juga dengan nama pantai rahasia (Secret Beach) karena letaknya yang tersembunyi di balik dua tebing batu yang membelah jalan. Tebing-tebing ini sangat tinggi dan ditumbuhi dengan semak belukar. Karena keterpencilannya maka akses menuju pantai ini diapit oleh tebing-tebing tinggi yang telah dibuka oleh pemerintah sepanjang 1,5 km.

Penanda pantai ini adalah adanya lima patung pewayangan yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa yang dipahat di dalam tebing-tebing di sisi kanan jalan berjejer secara berurutan di jalan menuju kawasan pantai sehingga pantai ini diberi nama pantai Pandawa.

Akses menuju desa Kutuh yang menjadi lokasi pantai Pandawa dari Kuta/Denpasar adalah melalui jalan menuju Garuda Wisnu Kencana. Setelah 1 km dari lokasi Garuda Wisnu Kencana belok kiri untuk menuju jalan Nusa Dua/Bali Cliff yang akan membawa anda ke pertigaan dengan rambu-rambu petunjuk yang mengarahkan ke pantai Pandawa. Atau anda bisa bertanya ke masyarakat setempat lokasi pantai ini yang oleh masyarakat sekitar pantai ini sering disebut pantai Kutuh, sedangkan bagi wisatawan asing menyebut pantai ini dengan nama Secret Beach Bali. Disarankan untuk menggunakan kendaraan sewa, travel atau taksi karena akses transportasi umum untuk menuju lokasi ini masih sulit. Pantai ini bisa ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan dari bandara I Ngurah Rai.


Photoright: mocha-locha.blogspot.com

Di sekitar kawasan pantai tersedia hotel-hotel. Selain itu terdapat juga hotel-hotel di kawasan Uluwatu atau Nusa Dua, kawasan yang terdekat dengan pantai Pandawa yang dapat dipesan disini. Makanan dan oleh-oleh kerajinan banyak tersedia di toko-toko di luar kawasan pantai sehingga tempat ini cukup nyaman dan lengkap untuk dikunjungi.

Harga tiket masuk ke pantai ini sangat murah. Anda hanya perlu membayar Rp.2.000,00 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp.5.000,00 untuk wisatawan asing yang dikelola oleh penduduk setempat. Harga yang terlalu murah untuk menyaksikan keindahan pasir putih pantai Pandawa. Walaupun harga tiketnya murah, namun kebersihan dan fasilitas yang ada di pantai ini tetap terjaga sehingga sampah di sekitar pantai tidak sebanyak sampah yang ada di kawasan pantai Kuta.

Di pantai yang memiliki pasir putih dan air jernih ini berjejer payung-payung pantai yang menaungi kursi pantai untuk berjemur yang disewakan penduduk setempat dengan harga yang cukup murah yaitu Rp.30.000,00 untuk satu hari. Payung-payung yang ditata rapi dan berwarna senada pasir putih nampak serasi dengan kejernihan air laut yang biru sehingga menjadi obyek foto yang menarik bagi fotografer yang berkunjung ke sini. Landscape pantai yang berada di balik tebing juga menarik para produser film untuk menggunakan keindahan pantai pandawa sebagai latar tempat pengambilan film.


Photoright: initempatwisata.com

Bagi anda yang senang berselancar, pantai ini menawarkan ombak besar untuk anda taklukkan yang berada hanya 10 meter dari tepi pantai. Atau sekedar berenang atau bermain air di tepi pantai yang cukup landai. Tebing-tebing di tepi pantai dapat anda jadikan tempat berteduh sambil menikmati keindahan pantai dan kerseruan pengunjung yang bermain air ditemani sajian es kelapa muda dan sajian jagung bakar dari penduduk lokal. Melihat petani-petani rumput laut bekerja bisa menjadi alternatif kegiatan di tempat ini. Semula pemberdayaan rumput laut ini hanya dilakukan secara tradisional oleh penduduk desa Kutuh sejak tahun 1980-an, namun kini pemerintah setempat telah melakukan kerjasama pembudidayaan rumput laut dengan negara-negara lain seperti Amerika dan Denmark.

Pantai Pandawa bisa dijadikan tempat persinggahan yang menyenangkan selepas kegiatan di obyek wisata Garuda Wisnu Kencana yang tidak jauh dari pantai ini dan kemudian melanjutkan tur pantai ke pantai Green Bowl yang juga berada dekat dengan pantai ini. Bagi yang ingin menginginkan ketenangan, maka pantai Pandawa menjadi rekomendasi pantai yang bisa anda kunjungi. Di sini anda akan melihat lebih banyak wisatawan asing yang mengunjungi pantai ini daripada wisatawan lokal. Lokasi yang terpencil, akses transportasi yang terbatas dan ketenangan suasana lebih disukai oleh wisatawan tersebut agar dapat menikmati suasana dan keindahan pemandangan pantai di depan mata.

Baca juga: info lengkap tempat objek wisata di Bali

Related Post



Poskan Komentar